Nama : Pramuditha Rizky
Npm : 15210358
Kelas : 3 EA 16
Faktor – Faktor Demografi Yang
Mempengaruhi Keputusan Pemasaran
Faktor demografi adalah salah satu dari sekian banyak
faktor eksternal dari lingkungan pemasaran. Tren Demografi yang terbentuk
sangat andal digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan jangka pendek dan
menengah. Ada masalah bagi perusahaan yang tiba-tiba terkejut karena
perkembangan demografi. kekuatan demografi utama yang selalu dipantau Marketer adalah populasi, Karena orang
membentuk pasar. Para marketer benar-benar
tertarik pada besarnya jumlah penduduk dan angka pertumbuhan penduduk di kota,
bauran umur populasi, etnis dan pasar lain, kelompok pendidikan, pola rumah
tangga, pergeseran geografis dan populasi.
Demografi adalah uraian tentang penduduk, terutama
tentang kelahiran, perkawinan, kematian, dan migrasi. Demografi meliputi studi
ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta
bagaimana faktor-faktor ini berubah. Berikut adalah faktor-faktor yang membahas
peluang apa saja yang dapat dimasuki dan ancaman apa saja yang harus di
waspadai oleh marketer dan perusahaan.
1. Peluang (Opportunities) & Ancaman (Threats)
2. Bauran umur populasi
3. Etnis dan pasar lain
4. Kelompok pendidikan
5. Pola rumah tangga
6. Pergeseran geografis dalam populasi
Contoh kasus :
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Remaja dalam Keputusan Pembelian Kosmetika
Peningkatan
kebutuhan kosmetika di tanah air merangsang pertumbuhan industri kosmetika di
dalam negeri. Seiring dengan peningkatan jumlah industri kosmetika maka pengetahuan
mengenai perilaku konsumen sangat diperlukan bagi produsen kosmeti ka. Oleh .
karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahu-L faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian kosmetika dan
merekomendasikan implikasi studi perilaku konsumen terhadap strategi pemasaran
kosmetika. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang
diteliti pada penelitian ini adalah budaya, keluarga, iklan dan promosi,
situasi, pengeluaran, sikap/alasan, pengetahuan, keterlibatan dan ternan.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-November 1998. Metode penelitian
yang digunakan adalah sGrvei dengan sampel 90 responden, sedangkan data yang
layak adalah 76 responden. Responden adalah wanita pemakai kosmetika, sedangkan
analisis data yang digunakan adalah analisis biplot.
Kesimpulan
Perusahaan yang berhasil biasanya mengenali dan menanggapi kebutuhan dan
tren yang belum terpenuhi dengan mendapatkan laba dari aktifitas pemasaran yang
di lakukan oleh marketer. Perusahaan
mendapatkan laba yang sangat besar jika mereka dapat memanfaatkan fenomena yang
terjadi dalam faktor demografi dengan baik. Di lain sisi, perusahaan juga harus
mampu meminimalisir resiko dan ancaman yang timbul dari faktor demografi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar