Sabtu, 20 Oktober 2012

Faktor – Faktor Demografi Yang Mempengaruhi Keputusan Pemasaran



Nama : Pramuditha Rizky
Npm : 15210358
Kelas : 3 EA 16

Faktor – Faktor Demografi  Yang Mempengaruhi Keputusan Pemasaran

Faktor demografi adalah salah satu dari sekian banyak faktor eksternal dari lingkungan pemasaran. Tren Demografi yang terbentuk sangat andal digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan jangka pendek dan menengah. Ada masalah bagi perusahaan yang tiba-tiba terkejut karena perkembangan demografi. kekuatan demografi utama yang selalu dipantau Marketer adalah populasi, Karena orang membentuk pasar. Para marketer benar-benar tertarik pada besarnya jumlah penduduk dan angka pertumbuhan penduduk di kota, bauran umur populasi, etnis dan pasar lain, kelompok pendidikan, pola rumah tangga, pergeseran geografis dan populasi.

Demografi adalah uraian tentang penduduk, terutama tentang kelahiran, perkawinan, kematian, dan migrasi. Demografi meliputi studi ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta bagaimana faktor-faktor ini berubah. Berikut adalah faktor-faktor yang membahas peluang apa saja yang dapat dimasuki dan ancaman apa saja yang harus di waspadai oleh marketer dan perusahaan.

1.   Peluang (Opportunities) & Ancaman (Threats)
2.   Bauran umur populasi
3.   Etnis dan pasar lain
4.   Kelompok pendidikan
5.   Pola rumah tangga
6.   Pergeseran geografis dalam populasi


Contoh kasus :
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Remaja dalam Keputusan Pembelian Kosmetika
Peningkatan kebutuhan kosmetika di tanah air merangsang pertumbuhan industri kosmetika di dalam negeri. Seiring dengan peningkatan jumlah industri kosmetika maka pengetahuan mengenai perilaku konsumen sangat diperlukan bagi produsen kosmeti ka. Oleh . karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahu-L faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian kosmetika dan merekomendasikan implikasi studi perilaku konsumen terhadap strategi pemasaran kosmetika. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang diteliti pada penelitian ini adalah budaya, keluarga, iklan dan promosi, situasi, pengeluaran, sikap/alasan, pengetahuan, keterlibatan dan ternan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-November 1998. Metode penelitian yang digunakan adalah sGrvei dengan sampel 90 responden, sedangkan data yang layak adalah 76 responden. Responden adalah wanita pemakai kosmetika, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis biplot.

 Kesimpulan
Perusahaan yang berhasil biasanya mengenali dan menanggapi kebutuhan dan tren yang belum terpenuhi dengan mendapatkan laba dari aktifitas pemasaran yang di lakukan oleh marketer. Perusahaan mendapatkan laba yang sangat besar jika mereka dapat memanfaatkan fenomena yang terjadi dalam faktor demografi dengan baik. Di lain sisi, perusahaan juga harus mampu meminimalisir resiko dan ancaman yang timbul dari faktor demografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar